Memimpin pasar penyedia software CRM tingkat atas seperti Siebel, Vantive, dan Clarify serta vendor ERP seperti Baan Co. dan Oracle Corp. Kelima vendor teratas ini memberikan kontribusi untuk 40 persen keseluruhan keuntungan CRM, dengan memimpin pasar yang terus tumbuh dengan pesat dan mencapai 90% di tahun 1998. Berikut ini adalah variasi Customer Relationship Management, yaitu:
1. Operasional
Operational CRM memberikan dukungan untuk proses bisnis di front office, seperti untuk penjualan, pemasaran, dan staf pelayanan. Interaksi dengan pelanggan biasanya disimpan dalam sejarah kontak pelanggan, dan staf dapat melihat kembali informasi pelanggan ketika dibutuhkan. Dengan sejarah kontak pelanggan ini, staf dapat dengan cepat memperoleh informasi penting. Dapat meraih pelanggan dalam waktu dan tempat yang tepat merupakan sesuatu yang sangat diinginkan.2. Penjualan
Untuk penjualan biasa digunakan Sales Force Automation (SFA). SFA membantu untuk otomatisasi aktivitas yang terkait dengan staf penjualan, seperti untuk penjadwalan menghubungi pelanggan, pengiriman surat kertas maupun elektronik ke pelanggarn, menelusuri respon pelanggan, membuat laporan, menilai tingkat penjualan, proses order penjualan otomatis.3. Analitik
Analytical CRM menganalisis data pelanggan untuk berbagai tujuan seperti merancang dan menjalankan kampanye target pemasaran, termasuk melakukan cross-selling, up-selling, item informasi manajemen untuk forecasting keuangan dan analisis profitabilitas pelanggan.4. Intelijen Penjualan
Intelijen Penjualan atau Sales Intelligence dalam CRM adalah sejenis dengan similar to analytical CRM, tetapi ditekankan lebih jauh untuk alat penjualan langsung dengan fitur untuk mencari peluang Cross-selling/ Up-selling/ Switch-selling, kinerja penjualan, kecenderungan pelanggan, margin pelanggan.5. Manajemen Kampanye
Campaign management mengkombinasikan elemen antara CRM operasional dan analitik agar dapat menjalankan fungsi pembentukan kelompok target dengan kriteria tertentu menggunakan data pelanggan, mengirimkan materi yang terkait dengan kampanye produk untuk calon tertentu menggunakan berbagai saluran seperti e-mail, telephone, SMS, dan surat, menelusuri, menyimpan dan menganalisis statistik kampanye.6. Kolaboratif
Collaborative CRM mencakup aspek-aspek yang ditangani korporasi yang terkait dengan pelanggan pada berbagai departemen seperti pada bagian penjualan, dukungan teknis, dan pemasaran. Staf dari berbagai departemen pada korporasi yang sama dapat saling bertukar dan berbagi informasi yang dikumpulkan ketika berinteraksi dengan pelanggan. CRM jenis ini bertujuan untuk menggunakan informasi yang dikumpulkan secara bersama di semua departemen untuk peningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.Keuntungan yang lain termasuk :
- Memberikan tanggapan yang lebih cepat terhadap permintaan pelanggan.
- Meningkatkan efisienis melalui otomatisasi.
- Memiliki pemahaman yang mendalam tentang pelanggan.
- Memperluas pemasaran atau peluang untuk melakukan penjualan bersilang.
- Mengenali pelanggan yang paling menguntungkan.
- Menerima masukan pelanggan yang akan memberikan produk atau layanan yang baru.
- Melakukan pemasaran satu per satu .
- Mendapatkan informasi yang bisa dibagikan dengan rekan bisnis perusahaan.
terimakasih. sangat beragam bentuk software CRM yang ada saat ini. artikel ini sangat membantu bisa dijadikan sebagai referensi.
ReplyDeleteterimkasih infonya, memang software CRM sangat dibutuhkan untuk mengelola database pada perusahaan besar
ReplyDeleteInformasi yang sangat jelas dan sangat mudah untuk saya pahami. software CRM adalah sistem yang sangat masyarakat butuhkan untuk mengelola bisnisnya.
ReplyDelete