Don
Schultz salah seorang profesor dari Northwestern University yang juga
merupakan salah satu tokoh dalam sejarah pemikiran IMC. Menurut Schultz, IMC
telah menjadi salah satu topik penting dalam bidang pemasaran. Mengapa IMC menjadi topik
yang paling penting? Jika dilihat dari kacamata komunikasi pemasaran yang
sering hanya dipahami secara teknis sebagai promotion mix. Secara sederhana,
promotion mix memiliiki empat elemen dasar. Dari keempat elemen
tersebut, program sales promotion dan personal selling sering
dikenal dengan hard sell approach atau below the line dapat
digunakan sebagai teknik komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.
Keempat elemen ini dalam prakteknya sering sekali tumpang tindih fungsinya dan
masih terjadi perbedaan atas kelas-kelas kelebihan dan kekurangan keempat
elemen ini dalam praktik bisnis. Oleh karena itu, timbul kritik dari berbagai
ahli komunikasi pemasaran terhadap promotion mix.
Don Schultz |
Perubahan lingkungan bisnis yang sarat dengan ketidakpastian dan perkembangan teknologi di zaman modern saat ini dan pemasaran telah dipandang dan didudukkan secara strategis dalam proses bisnis, dengat mengingat bahwa komunikasi merupakan faktor determinan dari pemasaran, bahkan, menurut pandangan Shimp (2003) dengan mengutip pemikiran Schultz, Tannebaum, dan Lauterborn (1996: 46), telah mengklaim bahwa pemasaran di era reformasi ini adalah komunikasi dan komunikasi adalah pemasaran, di mana keduanya tidak pernah bisa dipisahkan. Dengan demikian, sudah seharusnyalah komunikasi pemasaran juga dipandang sebagai “proses bisnis strategis”. Dari titik inilah konsep IMC mulai berkembang, yang melakukan revisi kritis terhadap keseluruhan pemikiran dan pendekatan komunikasi dalam konteks bisnis dan pemasaran modern (Estaswara, 2008: 11).
Pada
awal tahun 1983, perkembangan pemikiran IMC mulai menunjukkan kemajuan. Hal ini
ditandai dengan munculnya pemikiran Thomas – Coulson tentang integrasi dalam
disiplin komunikasi pemasaran, Thomas Coulson sebenarnya telah menjelaskan
tentang luasnya spectrum alat komunikasi pemasaran yang didasarkan atas
makna dan teknik yang digunakan untuk mengomunikasikan pesan serta cara
mengevaluasinya yang ditekankan pada hubungan saling ketergantungan antar
berbagai elemen komunikasi.
Kemudian pada awal dekade tahun 1990-an,
respons terhadap pendekatan integrasi dalam disiplin dan praktik komunikasi
pemasaran mulai menunjukkan tren yang positif yang ditandai dengan munculnya
banyak dukungan. Pada dekade ini juga berbagai studi tentang IMC banyak
dilakukan atau diteliti di Amerika Serikat.
TAHAPAN REVOLUSI
IMC
·
Koodinasi
taktis santo.
Meliputi pengkombinasian komunikasi
interpersonal dan cross-functional
sebagai elemen promosi. Mampu melihat tujuan secara spesifik yang disesuaikan
dengan tools penjualannya.
·
Mendefinisikan
Ruang Lingkup Marketing Komunikasi.
Meliputi perluasan elemen
komunikasi, memberikan informasi kepada pelanggan, dan mengevaluasi feedback.
·
Mengaplikasikan
teknologi informasi.
Memanfaatkan teknologi informasi
dengan membuat database manajemen untuk mengelola hubungan dengan
konsumen.
·
Integrasi
Strategi dan Keuangan.
Menyelaraskan
program komunikasi dengan program keuangan dan memperkirakan Return on
Customer Investment (aliran dana masuk dari konsumen).
Comments
Post a Comment