Menurut Kalakota dan Robinson (2001), tujuan Customer Relationship Management , yaitu:
- Menggunakan hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan
- Menggunakan informasi untuk memberikan pelayanan yang memuaskan
- Mendukung proses penjualan berulang kepada pelanggan
CRM (Customer Relationship Management) dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Mendorong Loyalitas pelanggan
Aplikasi CRM memungkinkan perusahaan untuk mendayagunakan informasi dari semua titik kontak dengan pelanggan, baik via web, call center, ataupun lewat staff pemasaran dan pelayanan di lapangan. Konsistensi dan aksepsibilitas informasi ini memungkinkan penjualan dan pelayanan yang lebih baik dengan berbagai informasi penting mengenai pelanggan itu.2. Mengurangi Biaya
Dengan kemampuan swalayan dalam penjualan dan pelayanan pelanggan, ada biaya yang bisa dikurangi. Misalnya dengan memanfaatkan teknologi web. Aplikasi CRM juga memungkinkan penjualan atau pelayanan dengan biaya lebih murah dalam sebuah skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus. Tertuju ke pelanggan yang tepat dan pada waktu yang tepat pula.3. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Otomasi penjualan dan proses layanan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow. Penggunaan teknologi web dan call center misalnya, akan mengurangi hambatan birokrasi dan biaya serta proses administratif yang mungkin timbul.4. Peningkatan Time to Market
Aplikasi CRM memungkinkan kita membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi pelanggan yang lebih baik, adanya data trend pembelian oleh pelanggan, sampai integrasi dengan aplikasi ERP untuk keperluan perencanaan yang lebih baik. Dengan kemampuan penjualan di web, maka hambatan waktu, geografis, sampai ketersediaan sumber data dapat dikesampingkan untuk mempercepat penjualan produk tersebut.
*ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya sebuah perusahaan. ERP terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning (perencanaan).
Pada prinsipnya solusi CRM punya dua fungsi, yaitu operasional dan analitikal.
5. Peningkatan pendapatan
Aplikasi CRM menyediakan informasi untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. Dengan aplikasi CRM, perusahaan dapat melakukan penjualan dan pelayanan melalui website sehingga peluang dari penjualan secara global tanpa perlu menyediakan upaya khusus untuk mendukung penjualan dan pelayanan tersebut.Pada prinsipnya solusi CRM punya dua fungsi, yaitu operasional dan analitikal.
Pada fungsi operasional, solusi CRM membantu meningkatkan mutu layanan, seperti program loyalitas dan kepuasan pelanggan. Adapun fungsi analitikal berhubungan dengan hasil olah data untuk pengambilan keputusan. Fungsi ini biasanya berhubungan dengan Business Intelligence (BI). Dengan informasi itu, perusahaan bisa menciptakan produk/jasa sesuai kebutuhan pasar. Bisakah CRM memberi informasi yang dapat meningkatkan penjualan? Bisa! Misalnya, manajemen bisa tahu bagaimana posisi produknya di pasar, atau tingkat penetrasi penjualan per produk per wilayah. Hasil analisis tersebut dapat dipakai oleh manajemen untuk merancang strategi penjualan yang lebih efektif, lebih inovatif, dan dapat diterima pasar.
Berdasarkan kepada sebuah sudut pandang industri, CRM terdiri dari:
Berdasarkan kepada sebuah sudut pandang industri, CRM terdiri dari:
- Membantu perusahaan supaya departemen pemasaran mampu mengenali dan menentukan sasaran untuk pelanggan terbaik mereka, mengelola kampanye pemasaran dengan tujuan dan sasaran yang jelas, dan menghasilkan yang terbaik untuk tim pemasaran.
- Membantu organisasi untuk meningkatkan penjualan jarak jauh, dan manajemen penjualan dengan melakukan optimalisasi pembagian informasi oleh semua karyawan, dan jalur proses yang ada (misalnya melalui pengambilan pesanan dengan piranti seluler).
- Membentuk hubungan khusus dengan pelanggan, yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan keuntungan dan memberikan tingkat pelayanan yang tinggi kepada mereka.
- Memberikan kepada para karyawan informasi dan proses yang diperlukan untuk mengenali pelanggan mereka, memahami kebutuhan mereka dan cara yang efektif untuk membangun hubungan antara perusahaan, pelanggan, dan distribusi rekan kerja.
Ternyata Aplikasi CRM sangat bermanfaat
ReplyDelete