Merek atau brand sering diintrepretasikan secara berbeda-beda, diantaranya sebagai logo, instrument legal, perusahaan, shorthand natation, risk reducer, positioning, kepribadian, rangkaian nilai, visi, penambahan nilai, identitas, citra, relasi, dan evolving entity.
Menurut Simamora, Bilson (2001:149), Merek atau brand adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain.
Menurut Lamb, Hair, dan McDaniel (2001: 421), “Merek adalah suatu nama, istilah, simbol, desain, atau gabungan keempatnya, yang mengidentifikasi produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing.”
Menurut Kotler (2003:349), “Merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, atau desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu. “
Menurut America Marketing Association (AMA), merumuskan merek sebagai, “nama, istilah, symbol, atau desain, atau kombinasi diantaranya, yang dimaksudkan untuk mengindentifikasi barang dan jasa dari satu penjual atau sekelompok penjual dan membedakannya dari barang dan jasa para pesaingnya. Definisi versi AMA ini diacu oleh UU merek No.15 tahun 2001 pasal 1 ayat 1: “tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki gaya pembeda dan digunakan dalam kegiatan barang atau jasa.
Menurut Kotler (2003:349), “Merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, atau desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu. “
Menurut America Marketing Association (AMA), merumuskan merek sebagai, “nama, istilah, symbol, atau desain, atau kombinasi diantaranya, yang dimaksudkan untuk mengindentifikasi barang dan jasa dari satu penjual atau sekelompok penjual dan membedakannya dari barang dan jasa para pesaingnya. Definisi versi AMA ini diacu oleh UU merek No.15 tahun 2001 pasal 1 ayat 1: “tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki gaya pembeda dan digunakan dalam kegiatan barang atau jasa.
Merek atau brand memiliki beberapa elemen, baik bersifat tangible (nama merek, symbol, slogan,
desain grafis, dsb) maupun intangible (nilai simbolis, ikatan khusus,
kepribadian, citra diri, dsb). Merek atau brand memiliki manfaat bagi produsen dan
konsumen.
Menurut Tjiptono dan Chandra (2012:239), brand bermanfaat bagi produsen dan konsumen. Bagi produsen, brand sebagai sarana identifikasi produk dan perusahaan, bentuk hukum, signal jaminan kualitas, sarana menciptakan asosiasi dan makna unik (diferensiasi), sarana keunggulan kompetitif, dan sumber financial return. Sementara bagi konsumen, brand berperan krusial sebagai identifikasi sumber produk, penetapan tanggung jawab pada produsen atau distributor spesifik, pengurangan resiko, penekanan biaya pencairan internal dan eksternal, janji atau ikatan khusus dengan produsen, alat internal yang memproyekan citra diri dan signal kualitas.
KEPUTUSAN KUNCI DALAM BRANDING
Berikut ini adalah 6 (enam) aspek elemen keputusan dalam branding,
yaitu:
1. Keputusan Branding
Keputusan
ini menyangkut apakah akan mengguanakn merek atau tidak untuk produk yang
dihasilkan. Secara teoritis, pemilihan nama merek yang efektif harus memenuhi
sejumlah kriteria, diantaranya mencerminkan manfaan dan kualitas produk.
2. Keputusan Brand Sponsor
Keputusan
ini berkenaan dengan siapa yang harus mensponsori merek.
3. Keputusan Brand Hierarchy
Keputusan
ini menyangkut apakah setiap produk diberi merek sendiri ataukah menggunakan corporate
brand.
4. Keputusan Brand Extension
Keputusan
ini menyangkut apakah merek spesifik perlu diperluas pada produk-produk lain.
5. Keputusan Multibrand
Keputusan
ini menyangkut pengembangan dua atau lebih merek dalam kategori produk yang sama.
6. Keputusan Brand Repositioning
Keputusan
ini menyangkut perubahan produk dan citra agar dapat lebih memenuhi ekspetasi
pelanggan.
Comments
Post a Comment