Pertama kali, iklan digunakan pedagang untuk
menjual barangnya dengan berteriak di gerbang kota guna menawarkan barangnya
pada pengunjung yang masuk ke kota tersebut. Iklan sudah dikenal manusia dalam
bentuk pesan berantai (word of mouth)
yang bentuknya pengumuman-pengumuman. Sementara iklan dalam bentuk tertulis
mulai ditemukan pada masa Babylonia, kurang lebih 3000 SM berupa kepingan tanah
liat (clay tablet) .
Iklan pada masa Mesir dan Yunani
Kuno berupa pengumuman-pengumuman di dinding dan naskah di daun papirus,
memberikan pengumuman tentang datangnya kapal pembawa anggur, rempah-rempah,
logam, barang-barang dagangan baru, acara-acara (pertarungan gladiator)
yang bakal digelar, dan juga pengumuman budak yang lari dari tuannya.
Iklan di Roma dilakukan dengan cara
mengecat dinding untuk mengumumkan perkelahian gladiator. Iklan pada jaman ini
hanya berupa surat edaran. Karena masih banyak yang buta huruf,
pengumuman-pengumuman itu dibacakan oleh tukang teriak (town crier)
yang biasa didampingi pemain musik.
Iklan pada masa Yunani dan Romawi
Kuno digunakan untuk mengumumkan lost
& found. Di reruntuhan kota Pompeii terdapat tanda-tanda di terakota
yang mengiklankan apa yang dijual di toko : danging sapi, sapi penghasil susu,
kulit untuk sepatu. Disamping itu juga ditemukan bukti-bukti adanya pesan-pesan
politik.
Di Ponosea iklan dilakukan dengan
cara melukis gambar untuk mempromosikan perangkat keras mereka di batu-batu
besar di sepanjang jalur parade. Di Pompei misalkan, banyak lukisan seorang
tokoh politisi dan meminta dukungan suara dari masyarakat. Di Perancis, traditional
advertising sudah marak tahun 550 Sebelum Masehi untuk mengiklankan kaum
negro sebagai budak.
Iklan pada zaman Julius Caesar, di
eropa banyak toko dan penginapan yang sudah pakai tanda, papan nama, atau
simbol, untuk membantu mereka yang buta huruf. Misalnya penginapan dengan
simbol Man in The Moon, Three Squirrels,
Hole in The Wall.
Daniel Mannix |
Pada ribuan tahun yang lalu, orang
beriklan untuk mempromosikan dua hal, yaitu: tempat dan jasa. Iklan di bawah
ini adalah contoh pertama. Begitu juga plang di depan kedai minum dan penginapan.
Daniel Mannix, dalam bukunya yang bercerita tentang olah raga kuno Roma, “ Those About to Die “, mencatat sebuah
iklan yang ditemukan di sebuah kuburan tua:
“ Weathre
permitting, 30 pair of gladiators, fumished by A.
Clodius
flaccus, together with substitutes in case any get
Killed too
quickly, will fight may 1 st, 2 nd and 3 rd at the
Circus
Maximus.The fights will followed by a big wild beast
Hunt. The
famos gladiator paris will fight. Hurrah for
Paris!
Hurrah for the generous flaccus, who is running
for
Duumvite!” (Below this is an ad for the copywriter.
“ Marcus
wrote this sign by the light of the moon. If you
Hire
Marcus, he ‘ll work day and night to do a good job. “)
(Mannix,p.28)
SETELAH DITEMUKANNYA MESIN CETAK
Penemuan
mesin cetak Gutenberg membuat periklanan jadi bisnis massal. Bentuk awalnya
berupa poster, handbill (selebaran),
dan classified (iklan baris) di surat
kabar. Di London, pada tahun 1472,
William Caxton mencetak iklan berbahasa Inggris pertama berupa selebaran
(handbill) berisi tuntunan keagamaan
tentang perayaan paskah (rules for the
guidance of the clergy at easter). Versi lain mengatakan iklannya berupa
penjualan injil (prayer book). Awal
abad ke-16 dan abad ke-17 terdapat banyak iklan tentang budak belian, kuda, buku, atau obat. Periklanan berkembang di awal abad ke-15 sampai dengan abad ke-16.
Beberapa waktu kemudian mulai muncul metode iklan dengan tulisan tangan dan
dicetak di kertas besar yang berkembang di Inggris. Iklan pertama yang dicetak
di Inggris ditemukan pada Imperial Intelligencer pada Maret 1648.
Mesin Cetak - Gutenberg |
Pada
tahun 1622, Surat kabar terbit di Inggris untuk pertama
kalinya, yaitu The Weekly News
kemudian disusul The Tattler yang
terbit tahun 1709 dan The Spectator
yang terbit pada tahun 1711. Ketiga Koran ini merupakan media cetak yang
membawa lembaran iklan secara piggy-back.
The Weekly News |
Pada
tahun 1655 istilah iklan muncul pertama kali dalam
injil untuk menunjuk istilah “peringatan” atau “pemberitahuan”. Periklanan
secara nyata mulai menunjukkan kemajuan di awal abad ke-17 di Inggris untuk mempromosikan
buku dan koran yang mulai berkembang. Pada abad ke-17 di Inggris, pesan-pesan
komersial masih berbentuk poster atau selebaran lepas yang dikirim dalam
lipatan surat kabar..
Pada
tahun 1704 Boston Newsletter, koran AS pertama yang
muat iklan, berupa tawaran hadiah bagi yang bisa menangkap pencuri baju.
Iklan-iklan media cetak pada abad ke-18 umumnya ditunjukan pada sasaran pembaca
di Eropa yang menyebutkan adanya tanah-tanah garapan.
Pada
tahun 1729, Iklan pertama di surat kabar “Pennysilvania Gazette” yang terbit di
Amerika Serikat. Amerika waktu itu masih menjadi wilayah jajahan Inggris, dan
surat kabar yang didirikan oleh Benjamin Franklin itu berhasil mencapai tiras
tertinggi serta pendapatan iklan terbesar pada masanya.
Pennysilvania Gazette |
Ads pada Philadelphia Gazetto |
Pada tahun 1740 poster
cetak outdoor pertama muncul di London (disebut “hoarding”).
Pada
tahun 1776 muncul iklan proklamasi kemerdekaan AS di Pennsylvania Evening Post and Daily
Advertiser, koran yang terbit secara harian pertama di AS. Sears adalah
pelopor rantai toko (chain stores) di
AS yang kemudian berkembang menjadi department stores. Kehadiran Sears
yang menjual berbagai barang secara lengkap menggantikan toko-toko serupa
berskala kecil yang pada waktu itu disebut dengan mercantile. Untuk
memudahkan pelanggan, karena pada masa itu transportasi masih terbatas, Sears
menerbitkan katalog tentang semua barang yang dijual dan para langganan dapat
memesan melalui pos. Setiap barang yang ditawarkan ditampilkan secara menarik
dengan foto-foto dan gambar-gambar yang atraktif. Begitu populernya Sears
Catalog di masa lalu, sampai-sampai ia disebut sebagai Injil Petani (Farmers Bible)
Pada abad ke-19
mulai dikenal pembelian ruang iklan melalui agen perseorangan. Pada masa
dinasti Edo di Jepang, awal abad-19 selebaran yang didistribusikan bersama
surat kabar juga banyak membawa pesan-pesan komersial, khususnya tentang
obat-obatan.
Pada
tahun1841 Volney Palmer, “orang iklan” masa-masa awal,
bertindak sebagai media broker atau agen, mendapat komisi dari pemasangan iklan
di media (media placement). Palmer
mendirikan Agensi Periklanan pertama oleh Volney Palmer di Boston. Pada waktu
itu, agensi periklanannya masih sebatas perantara pemasar dengan pihak surat
kabar sebagai penerbit iklan.
Woodbury's Facial Soap Ads |
Pada
tahun 1844 muncul iklan majalah pertama di majalah
Southern Messenger dengan editornya Edgar Allan Poe (pengarang Tarzan).
Majalah-majalah iklan periode awal yang masih terbit sampai sekarang adalah
Cosmopolitan, ladies Home Journal, ReadeR’s Digest. Sampai tahun 1850-an, di
Eropa iklan belum sepenuhnya dimuat di surat kabar. Kebanyakan masih berupa
pamflet, leaflet, dan brosur.
Pada
tahun 1864 periklanan berkembang seiring perkembangan
pers yang juga ditandai berkembangnya perusahaan periklanan dengan fungsi
sederhana.
Pada tahun 1871
Charles bates membuat biro iklan professional pertama kali.
Pada
tahun1875 di Philadelpia, dibuat agensi periklanan
yang lebih multi fungsi. Dalam periode ini pula wanita mulai mengambil porsi.
Baik sabagai tenaga periklanan, maupun sebagai image produk iklan. Penggunaan “wanita” sebagai daya tarik, pertama
kali dipakai dalam iklan sabun mandi.
Pada
tahun1880 John Power, penulis naskah iklan (copywriter) pertama. Setelah 1880-an,
perusahaan periklanan meningkatkan fungsi dengan menawarkan konsultasi dan jasa
periklanan lain
Pada tahun1891 J
Walter Thompson, merupakan Account Executive pertama.
Pada
tahun 1920 KDKA stasiun radio pertama di dunia lahir di
Pittsburgh. Saat radio siaran mulai mengudara di tahun 1920-an, periklanan di
radio pun mulai marak walaupun secara teknis dan daya tarik, tidak seperti yang
kita nikmati saat ini. Sponsorsif saat itu lebih banyak dikuasai satu
orang/pihak. Misalnya, sponsorsif suatu radio, dikuasai satu bisnisman. Dengan
kata lain, space iklan digunakan sendiri. Tapi seiring dengan tingginya persaingan,
kondisi ini berangsur-angsur berubah.
Pada tahun 1922
Iklan pertama di radio duniaWEAF, New York.
Pada tahun 1939
NBC, stasiun tv pertama.Periklanan masuk dunia televisi di awal tahun 1940an.
Iklannya bisa berupa commercial atau public advertising
Pada tahun 1941
Iklan televisi hitam putih pertama di New York, Amerika Serikat
mengiklankan Arloji Bulova dengan harga spot US $ 9 /poster film tahun 1950
Pada tahun 1954
Iklan televisi berwarna pertama ditayangkan. Mengiklankan Castro Decorate, New
York.
IKLAN TV
Iklan TV |
Pada
peralihan menuju abad ke-20, sistem manajemen periklanan modern seperti posisi
manajer iklan mulai diterapkan Perintis iklan dengan landasan karya kreatif
dipelopori oleh seri iklan mobil kodok volkswagen yang menampilkan
judul-judul seperti “Think Small“ dan “Lemon.“ Iklan-iklan Volkswagen
inilah yang meletakkan dasar positioning dan uniqe sallingproposition
(USP) dalam periklanan yang masih dipegang hingga kini. Konsep ini mengikat (associate) setiap brand dengan satu spesific
idea yang khas yang pada benak konsumen.
Di
akhir 1980 dan awal 1990, sebagai pionir dalam konsep musik-video, pelayanan
MTV merupakan sebuah tipe periklanan yang baru. Konsumen lebih menyimak pesan
yang diiklankan MTV dibandingkan dengan membeli setelah mendapat informasi dari
media lain. Saat tv kabel dan tv satelit mengalami peningkatan secara umum,
beberapa saluran berada di posisi puncak, termasuk saluran yang seluruh
durasinya berisi iklan seperti QVC, Home Shopping Network, dan Shop Tv.
IKLAN INTERNET
Iklan Internet |
Pemasaran
melalui internet membuka batas baru bagi periklanan dan memberikan kontribusi
pada “dot-com” tahun 1990. Seluruh perusahaan terus beroperasi semata-mata
dalam bidang periklanan, dan menawarkan segalanya untuk kupon berlangganan
internet gratis. Memasuki abad ke-21 sejumlah website, termasuk ‘mesin
pencarian google’ memulai perubahan dalam dunia periklanan online dengan
mengekspansi relevansi kontekstual, tidak menonjolkan iklan dibandingkan dengan
pemberian bantuan dan lebih utama ketimbang membanjiri konsumen dengan brosur.
Hal ini menandai kebangkitan dari upaya untuk meningkatkan trend
periklanan interaktif.
Penyebaran pesan melalui
iklan, secara relatif menelan biaya dari GDP sehingga menyebabkan
perubahan yang cukup signifikan dalam pemilihan media. Di Amerika misalnya,
pada tahun 1925 media iklan yang utama adalah surat kabar, majalah, dan poster.
Advertising
sendiri
menghabiskan anggaran sekitar 2,9% dari GDP. Sejak 1998, televisi dan radio
menjadi media perikanan yang utama dan menghabiskan dana dari GDP yang lebih
rendah, sekitar 2,4%.
Saat ini terdapat perusahaan periklanan terbesar di
dunia, masing-masing perusahaan mempunyai perusahaan dengan berbagai
expertise di bidang komunikasi, Advertising
Agency, Media Service, Marketing Branding Strategy, PR, CRM, Corporate
ID/Brand, Direct Marketing, Event, Sales Promotion.
· WPP Group plc : Bates,
Young & Rubicam, J Walter Thompson(JWT), Landor Associates, Ogilvy &
Mather Group (termasuk One, PR, Interactive dll), MindShare etc
· Omnicom Group Inc. :
BBDO
Worldwide, DDB Worldwide, TBWA Worldwide
· The Interpublic Group of Companies, Inc. :
McCann-Erickson
WorldGroup, FCB Group, Lowe & Partners Worldwide
· Publicis Groupe S.A. :
Publicis
Worldwide, Leo Burnett Worldwide, Saatchi & Saatchi Worldwide, Fallon
Worldwide and 49%-owned Bartle Bogle Hegarty (BBH), Starcom MediaVest Group,
ZenithOptimedia.
Khusus untuk WPP, dari direktori di
websitenya di dapat perusahaan-perusahaan di Indonesia yang termasuk dalam grup
ini:
1)
Bates
Asia – Indonesia
2)
Dentsu,
Young & Rubicam – Jakarta, Matari-Dentsu Young & Rubicam
3)
J
Walter Thompson – Jakarta, Adforce
4)
Landor
Associates – Jakarta
5)
Maximize
– Jakarta
6)
Mediaedgecia
– Indonesia
7)
MindShare
– Jakarta
8)
Motivator
– Jakarta
9)
Ogilvy
& Mather – Jakarta, Ogilvy & Mather
10) Ogilvy & Mather –
Jakarta, Ogilvy Public Relations Worldwide
11) Ogilvy & Mather –
Jakarta, OgilvyOne worldwide
12) Ogilvy Public Relations
Worldwide – Jakarta
13) OgilvyInteractive –
Jakarta, Ogilvy Interactive
Tahun
2004 biaya permasangan iklan di Amerika Serikat mencapai sekitar $212
miliar. Sementara belanja iklan di seluruh dunia mencapai lebih dari $414
miliar. Sebuah angka yang luar biasa besar. Sementara accounting firm
Pricewaterhouse Coopers menyebutkan, tahun 2010, belanja iklan
seluruh dunia akan mencapai lebih dari setengah triliun dolar Amerika Serikat.
Comments
Post a Comment