Komunikasi
Pemasaran atau sering dikenal sebagai Marketing
Communication merupakan ilmu yang di adopsi dari konsep pemasaran
berdasarkan riset-riset penjualan pada tahun 1906. Ilmu Komunikasi Pemasaran merupakan perpaduan
antara ilmu marketing dan ilmu komunikasi. Bermula dari Butler dari Universitas
of Chicago yang pertama kali mengadopsi konsep pemasaran, kemudian pada tahun
1964, Neil Borden memperkenalkan konsep marketing mix. Pada saat itu kajian
komunikasi pemasaran mulai berkembangan dengan berbagai penemuannya yang
bersifat multidisipliner hingga saat ini.
Pada
era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) persaingan bisnis akan
semakin sengit. Masyarakat ASEAN akan mengalami aliran bebas barang, jasa,
investasi, maupun tenaga kerja. Hal ini menuntut kreatifitas dan inovasi dari
berbagai tim termasuk tim marketing
maupun promosi untuk memutar otak guna membangun strategi komunikasi pemasaran
yang unik serta dapat menghasilkan respon afektif (perasaan) dan kognasi
(perilaku/tindakan) konsumen sasarannya. Jika seorang entrepreneur maupun pekerja di Indonesia lengah, maka akan dengan
mudah kita tersisih dengan Negara lainnya. Ini salah satu contoh pentingnya
guna mempelajari ilmu komunikasi pemasaran.
Comments
Post a Comment