Marketing mix merupakan konsep
pemasaran modern. Menurut Swastha (1985:94) marketing
mix adalah kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, empat variabel dari marketing mix yaitu produk, struktur
harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi.
Bagan I. Marketing Mix 4P
|
Kotler (1985: 45) mengemukakan bahwa marketing mix dibagi menjadi 4P, yaitu:
· Product
( Produk )
Produk
adalah sesuatu yang ditawarkan pada pasar guna mendapatkan perhatian untuk
dimiliki, digunakan, dikonsumsi, maupun berguna untuk memuaskan kebutuhan
konsumen. Produsen harus melakukan penelitian langsung untuk mengetahui
kebutuhan pasar sebelum membuat sebuah produk.
· Price ( Harga )
Harga
merupakan alat untuk mengukur nilai suatu produk. Harga merupakan indikator
suatu produk. Harga harus sesuai dengan target konsumennya dan memberikan
keuntungan bagi perusahaan.
· Place (Distribusi)
Secara
efisien, produsen memerlukan distributor untuk menyalurkan barang ke konsumen.
Distributor sebagai penyalur atau mata rantai yang harus dilalui oleh
barang-barang dalam jumlah dan waktu yang tepat. Menurut Swastha (1990:190),
saluran distribusi
merupakan saluran yang digunakan oleh produsen untu menyalurkan barang tersebut
dari produsen sampai ketangan konsumen. Saluran yang dipilih produsen,seperti:
pedagang besar, agen, maupun pengecer. Distribusi dibagi menjadi tiga, yaitu:
1.
Distribusi
Intensif
Distribusi ini dapat
digunakan oleh para produsen yang menjual komponen perusahaan yang berusaha
menggunakan penyalur terutama pengecer sebanyak-banyaknya untuk mendekati para konsumen.
Usaha ini dimaksudkan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen, semakin
cepat para konsumen terpenuhi kebutuhannya maka semakin cepat pula terpenuhi
kepuasannya
2.
Distribusi
Selektif
Perusahaan
yang menggunakan distribusi ini berusaha memilih sejumlah pedagang besar atau
pengecer, agen yang terbatas dalam suatu daerah. Saluran ini biasanya digunakan
untuk memasarkan suatu produk baru (barang special) apabila distribusi ini
menguntungkan dari distribusi insentif maka jumlah pengecer atau agen yang
digunakan akan lebih terbatas
3.
Distribusi
Ekslusif
Saluran ini dilakukan
oleh perusahaan dan hanya menggunakan suatu pedagang besar atau pengecer dalam
daerah tertentu.Jadi produsen hanya menjual produknya kepada suatu pedangang
besar saja dengan mengunakan satu penyelur, maka produsen akan lebih mudah
dapat mengadakan pengawasan pada tingkat harga enceran maupun usaha kerja sama
dengan penyalur dalam periklanan. Pemilihan saluran distribusi merupakan suatu
masalah yang sangat penting sebab keterlambatan barang-barang sampai ketangan
kosumen dapat menturangi keuntungan yang diterima oleh perusahaan.
· Promotion
(Promosi)
Promosi
merupakan usaha yang dilakukan perusahaan maupun individu untuk memberikan
informasi, mempengaruhi, serta menarik konsumen untuk membeli produk yang
ditawarkan.
Comments
Post a Comment