Menurut Four As (the American Association of Advertising Agency), IMC adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah dari perencanaan komprehensif yang mengkaji peran strategis masing-masing bentuk komunikasi, seperti iklan, respon langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat, serta memadukannya untuk meraih kejelasan pesan, konsistensi, dan dampak komunikasi maksimal melalui keterintegrasian pesan.
Menurut The Nortwestern University’s Medill School of Journalism mendefinisikan IMC sebagai proses mengelola semua sumber-sumber informasi menyangkut produk atau layanan di mana seorang pelanggan yang memiliki proses didorong sedemikian rupa agar perilakunya tergerak untuk mewujudkan penjualan dan membentuk loyalitas konsumen.
Menurut Hermawan (2012:52), IMC adalah menyatukan perencanaan, tindakan, dan koordinasi pada semua wilayah komunikasi pemasaran dan juga memahami konsumen menyangkut apa sesungguhnya tanggapan konsumen.
Menurut Nickels (1984:19), bauran promosi (promotion mix) yang lengkap meliputi enam saluran, yaitu:
Menurut Nickels (1984:19), bauran promosi (promotion mix) yang lengkap meliputi enam saluran, yaitu:
- Periklanan (advertising)
- Penjualan personal (personal selling)
- Berita dari mulut ke mulut (word of mouth)
- Promosi penjualan (sales promotion)
- Publisitas (publicity)
- Hubungan masyarakat (public relationship)
- Keterpaduan atau integrasi adalah proses tak terbatas dan berujung karena mencakup berbagai jenjang,
- IMC bukan pekerjaan satu fungsi, melainkan multifungsi (cross-functional),
- Semua pihak yang terkait dengan perusahaan atau stakeholder penting untuk ditangani secara proporsional, tidak hanya terfokus pada pelanggan semata,
- Perusahaan perlu mendengar masukan semua pihak, seperti stakeholder dan konsumen,
- Setiap titik kontak dengan publik menyebarkan pesan komunikasi, mulai dari kemasasan produk, logo perusahaan, pengalaman menggunakan produk, iklan, layanan pelanggan, berita di media massa, sampai rumor yang mampu menyebar secara berantai.
Comments
Post a Comment